"Do You Worry Too Much ?"


Tiada hari tanpa cemas. Rasa cemas berlebihan yang menyergap secara perlahan tapi menyesakan dada, punya istilah sendiri : Creeping Anxiety Disorder (CAD). 'virus' penyakit modern ini ternyata menular ! dan teryata penderita penyakit ini cukup banyak lho !

CAD sebenarnya bukan penyakit baru, hanya istilah saja yang lebih modern. Sejak dulu banyak orang yang mengalami gejala kecemasan berlebihan. Namun kini keadaannya semakin meningkat. Ini secara tidak langsung diakibatkan oleh kemajuan jaman.

Penyakit emosional ini tidak menyerang jenis kepribadian tertentu. Semua orang bisa 'tertular'. Masalahnya setiap orang pasti memiliki rasa cemas dalam dirinya. Ada sih yang bisa mengendalikan kecemasannya itu di tingkat yang normal, tapi ada juga lho yang nggak bisa. Sifatnya sangat individualis, hingga setiap orang memiliki reaksi yang berbeda.

Sebenarnya ada beberapa hal yang memicu gejala kecemasan 'lebay' ini :

Masa lalu yang menghantui, banyak orang melangkah ke dalam hidup baru tanpa menyadari bahwa hari ini berbeda dengan hari kemarin. Kemajuan jaman membuat hidup kita makin banyak pilihan hingga rentan terhadap timbulnya rasa cemas.

Harapan yang terlalu tinggi. Tahu nggak, semakin makmur suatu masyarakat, justru semakin berkurangnya rasa kebahagiaan orang-orangnya ?. Mengapa ?. Orang-orang tersebut cenderung menilai hidupnya lebih 'rendah' dibandingkan orang lain. Mereka selalu menjadikan orang lain sebagai patokan. Padahal, yang namanya kebahagiaan ada dalam diri sendiri. Definisi sukses, berbeda seiring 'kemajuan' jaman.

Ingin pegang kendali. Ada beberapa tipe orang yang selalu ingin memegang kendali dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Nah, tipe seperti ini yang rentan terhadap 'virus' CAD. Mengapa mereka punya kepribadian seperti itu ?. Kira-kira penyebabnya adalah, pertama, karena tidak bisa dan tidak mau percaya dengan orang lain. Kedua, karena merasa dirinya paling benar.

Rasa kesepian. Memiliki hubungan baik dengan orang lain, baik keluarga, teman atau pasangan, adalah kebutuhan dasar manusia. Tanpanya manusia akan kesepian, depresi dan lama-lama akan terjangkit CAD.

Hmmm....

Kecemasan yang berlebihan atau CAD ini memang tidak langsung mematikan, tapi bisa memperpendek umur lho !. Untuk menghilangkan 'virus' ini, cobalah selalu berpikir positif atau ikuti langkah-langkah ini :

* Kenali apa yang mendorong kecemasan tersebut dan hadapilah !
* Jangan berpatokan pada orang lain !
* Bergaullah dengan orang-orang yang selalu berpikiran positif, bukan pencemas !
* Dan yang terpenting adalah IKHLAS, ingatlah tempat bergantung terbaik adalah hanya, hanya Allah SWT, dan Dia pasti akan menjamin hidup kita, yakinilah !

Well, so don't worry, BE HAPPY !!! :))

0 komentar: